Obyek dalam Java Script
1.1 Tentang Obyek
JavaScript memperlakukan elemen elemen yang tampil di jendela navigator kita sebagai suatu obyek , yang artinya adalah elemen yang :
• Diklasifikasikan berdasarkan hirarki/tingkatan khusus sehingga kita bisa mengetahui dimana letak/lokasi obyek itu sebenernya.
• Dimana kita mengasosiasikan dengan kondisi atau sifat sifat khusus (properti)
1.2 Obyek dari navigator (browser)
JavaScript membagi satu halaman Navigator dalam berbagai obyek obyek, dengan tujuan untuk memudahkan kita untuk mengakses salah satu dari mereka dan memanipulasinya dengan cara merubah sifat/kondisi (properti) mereka.
Kita mulai dari obyek yang paling besar diantara semuanya (yang berisi semua obyek lainnya), kemudian kita turun berdasarkan tingkatan atau hirarkinya sampai kepada obyek yang kita inginkan.
JavaScript memperlakukan elemen elemen yang tampil di jendela navigator kita sebagai suatu obyek , yang artinya adalah elemen yang :
• Diklasifikasikan berdasarkan hirarki/tingkatan khusus sehingga kita bisa mengetahui dimana letak/lokasi obyek itu sebenernya.
• Dimana kita mengasosiasikan dengan kondisi atau sifat sifat khusus (properti)
1.2 Obyek dari navigator (browser)
JavaScript membagi satu halaman Navigator dalam berbagai obyek obyek, dengan tujuan untuk memudahkan kita untuk mengakses salah satu dari mereka dan memanipulasinya dengan cara merubah sifat/kondisi (properti) mereka.
Kita mulai dari obyek yang paling besar diantara semuanya (yang berisi semua obyek lainnya), kemudian kita turun berdasarkan tingkatan atau hirarkinya sampai kepada obyek yang kita inginkan.
• Obyek paling besar adalah obyek jendela (window) dari navigator.
• Di dalam obyek jendela, ada satu obyek yang ditampilkan dalam bentuk sebuah halaman, kita sebut obyek dokumen atau document
• Halaman itu berisi banyak obyek seperti, formula, text, image dan lain lainya..
Untuk mengakses satu obyek, kita harus mengakses terlebih dahulu obyek yang paling besar( dalam hal ini obyek window ) . ambil sebagai contoh satu obyek (yang bernama checkbox) dan satu textfield berikut ini
• Form untuk untuk contoh ini kita beri nama form1 tujuannya adalah utuk membedakan dengan form form lainnya di dalam satu dokumen, dan dituliskan dalam kode berikut ini :
window.document.forms["form1"]
• Tombol checkbox, dan kita beri nama checkbox1 dituliskan dalam bentuk berikut ini :
window.document.forms["form1"].checkbox1
• TextField disini kita beri nama tetxfield1 dan dituliskan dalam bentuk berikut ini :
window.document.forms["form1"].textfield1
Tombol checkbox mempunyai nilai kondisi(properti) checked , yang akan memberikan nilai 1 jika tombol itu di pilih (checked), dan nilai 0 pada kasus sebaliknya. Sedangkan kode dari form form1 di dalam kode HTML adalah sebagai berikut :
window.document.forms["form1"]
• Tombol checkbox, dan kita beri nama checkbox1 dituliskan dalam bentuk berikut ini :
window.document.forms["form1"].checkbox1
• TextField disini kita beri nama tetxfield1 dan dituliskan dalam bentuk berikut ini :
window.document.forms["form1"].textfield1
Tombol checkbox mempunyai nilai kondisi(properti) checked , yang akan memberikan nilai 1 jika tombol itu di pilih (checked), dan nilai 0 pada kasus sebaliknya. Sedangkan kode dari form form1 di dalam kode HTML adalah sebagai berikut :
dan fungsi JavaScript yang berhubungan dengan checkbox tersebut adalah ..
1.3 Obyek standart JavaScript
Selain obyek navigator di subbab 2.2, kita juga mengenal obyek standart dari JavaScript. Obyek obyek ini distandarisasikan oleh asosiasi ECMA (European Computer Manufacturer Association). Berikut ini adalah daftar obyek standart JavaScript
1.3.1 obyek Array
obyek array adalah satu obyek yang memungkinkan kita untuk membuat dan memanipulasi tabel, berikut ini adalah sintaks untuk membuat tabel :
var x = new Array(elemen1[, elemen2, ...]);
jika tidak ada elemen yang disebutkan dalam parameter, tabel itu akan menjadi tabel kosong pada saat pembuatannya, sebaliknya jika elemen diisi, maka isi tabel akan di inisialisasi oleh nilai dari elemen tersebut. Sebagai tambahan obyek array mempunyai dua karakteristik properti yaitu properti input dan length.
Berikut ini adalah tabel daftar beberapa metoda standart dari obyek array
1.3.2 obyek boolean
Obyek boolean adalah obyek standart dari JavaScript yang memungkinkan kita untuk memanipulasi nilai nilai jenis boolean. Berikut ini adalah sintaks yang digunakan untuk membuat obyek booelan :
var x = new Boolean(parameter)
parameter bisa berupa bisa berupa satu nilai (True atau False) atau bisa juga satu ekspresi, yang mana ekspressi akan di perhitungkan sebagai nilai boolean. Jika tidak ada nilai parameter yang dilewatkan atau nilai 0 atau string kosong atau null atau undefined atau juga NaN(Not a Number), nilai boolean akan diinisialisaikan ke False. Sebaliknya obyek boolean akan mempunyai nilai True
Berikut ini adalah tabel daftar beberapa metoda standart dari obyek Boolean
Obyek boolean adalah obyek standart dari JavaScript yang memungkinkan kita untuk memanipulasi nilai nilai jenis boolean. Berikut ini adalah sintaks yang digunakan untuk membuat obyek booelan :
var x = new Boolean(parameter)
parameter bisa berupa bisa berupa satu nilai (True atau False) atau bisa juga satu ekspresi, yang mana ekspressi akan di perhitungkan sebagai nilai boolean. Jika tidak ada nilai parameter yang dilewatkan atau nilai 0 atau string kosong atau null atau undefined atau juga NaN(Not a Number), nilai boolean akan diinisialisaikan ke False. Sebaliknya obyek boolean akan mempunyai nilai True
Berikut ini adalah tabel daftar beberapa metoda standart dari obyek Boolean
1.3.3 obyek date
Obyek date memungkinkan kita untuk bekerja dengan semua variabel yang berhubungan dengan penanggalan dan juga manajemen waktu (durasi waktu). Sintaks sintaks untuk membuat obyek date adalah berikut ini :
• Nama_dari_obyek = new Date()
sintaks ini memungkinkan kita untuk menyimpan tanggal dan jam saat ini.
• Nama_dari_obyek = new Date(“hari, bulan tanggal tahun jam:menit:detik”)
parameter berbentuk string dengan batas batas pemisah sepeti format diatas.
• Nama_dari_obyek = new Date(tahun, bulan, hari)
parameter adalah 3 integer yang dipisahkan oleh tanda koma
• Nama_dari_obyek = new Date(tahun, bulan, hari, jam, menit, detik[,perseribudetik])
parameter adalah 6 integer yang dipisahkan oleh tanda koma
JavaScript menyimpan tanggal dalam bentuk string yang berisi hari, bulan, tahun, jam, menit, dan detik. Meskipun demikian sangat sulit bagi kita untuk bisa mengakses satu elemen waktu diatas dengan menggunakan obyek string (sub bab 2.3.5), karena setiap elemen mempunyai ukuran yang berbeda beda.. Sebaliknya obyek date memungkinkan kita untuk mengakses dan memodifikasi satu elemen tersebut.
Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standart dari obyek date
Obyek date memungkinkan kita untuk bekerja dengan semua variabel yang berhubungan dengan penanggalan dan juga manajemen waktu (durasi waktu). Sintaks sintaks untuk membuat obyek date adalah berikut ini :
• Nama_dari_obyek = new Date()
sintaks ini memungkinkan kita untuk menyimpan tanggal dan jam saat ini.
• Nama_dari_obyek = new Date(“hari, bulan tanggal tahun jam:menit:detik”)
parameter berbentuk string dengan batas batas pemisah sepeti format diatas.
• Nama_dari_obyek = new Date(tahun, bulan, hari)
parameter adalah 3 integer yang dipisahkan oleh tanda koma
• Nama_dari_obyek = new Date(tahun, bulan, hari, jam, menit, detik[,perseribudetik])
parameter adalah 6 integer yang dipisahkan oleh tanda koma
JavaScript menyimpan tanggal dalam bentuk string yang berisi hari, bulan, tahun, jam, menit, dan detik. Meskipun demikian sangat sulit bagi kita untuk bisa mengakses satu elemen waktu diatas dengan menggunakan obyek string (sub bab 2.3.5), karena setiap elemen mempunyai ukuran yang berbeda beda.. Sebaliknya obyek date memungkinkan kita untuk mengakses dan memodifikasi satu elemen tersebut.
Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standart dari obyek date
1.3.4 obyek math
Obyek math adalah suatu obyek yang mempunyai banyak metoda dan properti untuk memanipulasi bilangan bilangan dan juga fungsi fungsi matematika. Apapaun metoda atau properti yang digunakan kita harus memulainya dengan kata Math, contohnya adalah sebagai berikut :
Math.cos(1);
Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standart dari obyek math :
Obyek math adalah suatu obyek yang mempunyai banyak metoda dan properti untuk memanipulasi bilangan bilangan dan juga fungsi fungsi matematika. Apapaun metoda atau properti yang digunakan kita harus memulainya dengan kata Math, contohnya adalah sebagai berikut :
Math.cos(1);
Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standart dari obyek math :
1.3.5 obyek string
Obyek string adalah satu obyek yang berisi beberapa metoda dan properti untuk memanipulasi data jenis string. Obyek string sendiri hanya mempunyai satu properti yaitu properti length untuk memperoleh panjang dari variabel data string. Sintaks dari properti ini adalah sebagai berikut :
x = nama_variabel_string.length;
x = ('sembarang teks').length;
metoda dari obyek string memungkinkan kita untuk memperoleh satu potongan/bagian dari data string dan juga memodifikasinya.
Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standard dari obyek string :
Berikut ini adalah bebrapa contoh penggunaan metoda obyek string :
var test= 'ilmu komputer' ;
• var hasil = charAt(test,6); //hasilnya 'k'
• var hasil = ("ilmu komputer").charAt(7); //hasilnya 'o'
• var hasil = charAt(test,-1); //hasilnya ''
• var hasil = test.substring(1,5); //hasilnya 'lmu k'
• var hasil = test.toUpperCase(); //hasilnya 'ILMU KOMPUTER'
var test= 'ilmu komputer' ;
• var hasil = charAt(test,6); //hasilnya 'k'
• var hasil = ("ilmu komputer").charAt(7); //hasilnya 'o'
• var hasil = charAt(test,-1); //hasilnya ''
• var hasil = test.substring(1,5); //hasilnya 'lmu k'
• var hasil = test.toUpperCase(); //hasilnya 'ILMU KOMPUTER'
0 komentar:
Post a Comment
Tinggalkan Komentarmu Sob.