14 March 2010

Obyek dalam Java Script

Obyek dalam Java Script

1.1 Tentang Obyek     
JavaScript memperlakukan elemen elemen yang tampil di jendela navigator kita sebagai suatu obyek , yang artinya adalah elemen yang :

•  Diklasifikasikan berdasarkan hirarki/tingkatan  khusus sehingga  kita bisa mengetahui dimana letak/lokasi obyek itu sebenernya.
•  Dimana kita mengasosiasikan dengan kondisi atau sifat sifat khusus (properti)

1.2  Obyek dari navigator (browser)     
JavaScript membagi satu halaman Navigator dalam berbagai obyek obyek,  dengan tujuan untuk memudahkan kita untuk mengakses  salah satu dari mereka dan memanipulasinya dengan cara merubah sifat/kondisi (properti) mereka. 

Kita mulai dari obyek yang paling besar diantara semuanya (yang berisi semua obyek lainnya), kemudian kita turun berdasarkan tingkatan atau  hirarkinya sampai kepada obyek  yang  kita inginkan.  

•  Obyek paling besar adalah obyek jendela (window)  dari navigator.
•  Di dalam obyek jendela, ada satu obyek  yang ditampilkan dalam bentuk sebuah halaman, kita sebut obyek dokumen atau document
•  Halaman itu berisi banyak obyek seperti, formula, text, image dan lain lainya..

Untuk mengakses satu obyek,  kita harus mengakses terlebih dahulu obyek  yang paling besar( dalam hal ini obyek  window  ) . ambil sebagai contoh satu obyek (yang bernama checkbox) dan satu textfield berikut ini


•  Form untuk untuk contoh ini kita beri nama form1 tujuannya adalah utuk membedakan dengan form  form lainnya di dalam  satu dokumen, dan dituliskan dalam kode berikut ini :
 window.document.forms["form1"]
•  Tombol checkbox, dan kita beri nama checkbox1 dituliskan dalam bentuk berikut ini :
 window.document.forms["form1"].checkbox1
•  TextField disini kita beri nama tetxfield1 dan dituliskan dalam bentuk berikut ini :
 window.document.forms["form1"].textfield1

Tombol checkbox mempunyai nilai kondisi(properti) checked , yang akan memberikan nilai 1 jika tombol itu di pilih (checked), dan nilai 0 pada kasus sebaliknya. Sedangkan kode dari form form1 di dalam kode HTML adalah sebagai berikut :






dan fungsi JavaScript yang berhubungan dengan checkbox tersebut adalah ..



1.3 Obyek standart JavaScript
Selain obyek navigator di subbab 2.2, kita juga mengenal obyek standart dari JavaScript. Obyek obyek ini  distandarisasikan oleh asosiasi ECMA (European Computer Manufacturer Association). Berikut ini adalah daftar obyek standart JavaScript



1.3.1  obyek Array
obyek array  adalah satu obyek  yang memungkinkan kita untuk membuat dan memanipulasi tabel, berikut ini adalah sintaks untuk membuat tabel  :

var x = new Array(elemen1[, elemen2, ...]);

jika tidak ada elemen yang disebutkan dalam parameter, tabel itu akan menjadi tabel kosong pada saat pembuatannya,  sebaliknya jika elemen diisi, maka isi  tabel akan di inisialisasi oleh nilai dari elemen tersebut. Sebagai tambahan obyek array mempunyai dua karakteristik properti yaitu properti input dan length. 

Berikut ini adalah tabel daftar beberapa metoda standart dari obyek array


1.3.2  obyek boolean     
Obyek  boolean  adalah  obyek standart dari JavaScript yang  memungkinkan kita untuk memanipulasi nilai nilai  jenis boolean. Berikut ini adalah sintaks yang  digunakan  untuk membuat obyek booelan :

var x = new Boolean(parameter)

parameter bisa berupa bisa berupa satu nilai (True atau False) atau bisa juga satu ekspresi, yang mana ekspressi akan di perhitungkan sebagai nilai boolean. Jika tidak ada nilai parameter yang dilewatkan atau nilai  0 atau string  kosong atau  null atau  undefined atau juga  NaN(Not a Number), nilai boolean akan diinisialisaikan ke  False. Sebaliknya obyek boolean akan mempunyai nilai True

Berikut ini adalah tabel daftar beberapa metoda standart dari obyek Boolean


1.3.3  obyek date     
Obyek date   memungkinkan kita untuk bekerja dengan semua variabel yang berhubungan dengan penanggalan dan juga manajemen waktu (durasi waktu). Sintaks sintaks untuk membuat obyek date adalah berikut ini :

•  Nama_dari_obyek = new Date()
sintaks ini memungkinkan kita untuk menyimpan tanggal dan jam saat ini.
•  Nama_dari_obyek = new Date(“hari, bulan tanggal tahun jam:menit:detik”)
parameter berbentuk string dengan batas batas pemisah sepeti format diatas.
•  Nama_dari_obyek = new Date(tahun, bulan, hari)
parameter adalah 3 integer yang dipisahkan oleh tanda koma
•  Nama_dari_obyek = new Date(tahun, bulan, hari, jam, menit, detik[,perseribudetik])
parameter adalah 6 integer yang dipisahkan oleh tanda koma      

JavaScript menyimpan tanggal  dalam bentuk string yang berisi hari, bulan, tahun, jam, menit, dan detik. Meskipun demikian sangat sulit bagi kita untuk bisa mengakses  satu elemen waktu diatas dengan menggunakan obyek string (sub bab  2.3.5), karena setiap  elemen mempunyai ukuran yang berbeda beda.. Sebaliknya obyek date memungkinkan kita untuk mengakses dan memodifikasi satu elemen tersebut.

Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standart dari obyek date


1.3.4 obyek math     
Obyek math adalah suatu obyek  yang mempunyai  banyak  metoda dan properti  untuk memanipulasi bilangan bilangan  dan juga fungsi fungsi matematika. Apapaun metoda atau properti yang digunakan kita harus memulainya dengan kata Math, contohnya adalah sebagai berikut :

Math.cos(1);

Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standart dari obyek math  :

1.3.5  obyek string     
Obyek string adalah satu obyek yang berisi beberapa metoda dan properti untuk memanipulasi data jenis string. Obyek string sendiri  hanya mempunyai satu properti  yaitu  properti  length untuk memperoleh panjang dari variabel data string. Sintaks dari properti ini  adalah sebagai berikut :

x = nama_variabel_string.length;
x = ('sembarang teks').length;

metoda dari obyek string memungkinkan kita untuk memperoleh satu potongan/bagian dari data string dan juga memodifikasinya.
Berikut ini adalah tabel beberapa metoda standard dari obyek string :


Berikut ini adalah bebrapa contoh penggunaan metoda obyek string :

var test= 'ilmu komputer' ;

•  var hasil = charAt(test,6); //hasilnya 'k'
•  var hasil = ("ilmu komputer").charAt(7); //hasilnya 'o'
•  var hasil = charAt(test,-1); //hasilnya ''
•  var hasil =  test.substring(1,5); //hasilnya 'lmu k'
•  var hasil = test.toUpperCase(); //hasilnya 'ILMU KOMPUTER'


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentarmu Sob.

Sedikit Tentang Aye

Cari di Blog ini

Sobat Aye

Pesan Sobat

 
Copyright © Blognya Farhan