14 March 2010

Event dalam Java Script

Event adalah aksi dari user yang bisa menghasilkan interaktifitas, pada kenyataannya event di dalam JavaScript adalah klik dari tombol mouse (merupakan satu satunya aksi yang dapat diatur oleh HTML). JavaScript memungkinkan  mengasosiasikan event dengan beberapa fungsi dari metode  seperti lewatnya  mouse pointer diatas  zona tertentu, perubahan nilai, dan lain sebagainya.
Event administrator adalah  yang memperbolehkan  kita untuk mengasosiasikan satu aksi  ke dalam sebuah event. Sintaks dari event administrator tersebut adalah sebagai berikut :
OnEvenement = "Aksi_Javascript_atau_Fungsi();"
Untuk penggunaan link hiperteks, maka sintaksnya adalah sebagai berikut :



1.1 Daftar event 
 Berikut ini beberapa kode yang harus dimasukkan ke dalam tag event administrator untuk menghasilkan aksi tertentu.



1.2 Hubungan event dengan obyek
Tidak semua elemen bisa berhubungan atau berasosiasi dengan sembarang obyek. Sangat jelas sekali, sebagai contoh event onChange tidak akan bisa diaplikasikan ke suatu hiperteks. Berikut ini adalah tabel rekapitulatif obyek obyek yang mana bisa berasosiasi dengan suatu event.


1.3  Contoh penggunaan event
Berikut ini kita akan mencoba satu contoh sederhana cara menampilkan kotak dialog yang berisi tulisan  ‘teks anda’  (dengan tanda satu petik  di  depan  dan di  belakang kata) sesudah anda melakukan klik terhadap satu link  yang mentrigger event untuk  mengaktifkan kotak dialog tersebut. 


analisa skrip diatas :
•   Event administrator onClick dimasukkan didalam tag links dari hiperteks
•  Tujuan dari skrip ini adalah menampilkan satu kotak dialog, jadi kita tidak ingin kalau link tersebut akan membawa kita ke halaman yang lain, oleh karena itu kita masukkan kode "javascript:;" didalam atribut href untuk memberi tahu navigator kalau kita ingin tetap berada di halaman yang sedang di proses tersebut. 
•   Perhatikan penggunaan  \’   di dalam  kalimat   \’teks anda\’  .  tanda antislash (\)  didepan tanda  petik untuk  memperingatkan navigator kalo  dianggap sebagai  karakter biasa dan bukan di intepretasi sebagai pembatas string.
 
Selanjutnya contoh kedua adalah contoh penggunaan event onMouseover  untuk membuat menu interaktif yang akan berubah tampilan imagenya pada saat kursor mouse lewat diatasnya, kita bahkan  bisa menambahkan event  onMouseout  untuk mengembalikan image ke asalnya  pada saat kursor sudah tidak diatas image lagi. Karena di sini kita  tidak bisa mencoba secara live, anda bisa  mencoba sendiri di rumah  dengan mengcopy paste skrip ini dan  mengganti file image1.gif dan image2.gif dengan sembarang file yang anda punya .

 
analisa skrip diatas :
•   Untuk  bisa  mengasosiasikan image dengan event tersebut, maka kita harus harus membuat image itu sebagai suatu link, sehingga kita memakai tag diantara tag dan  
•  Event onMouseover dan onMouseout terbatas penggunaannya untuk JavaScript versi 1.1 keatas


Artikel Terkait:

8 komentar:

richo said...

tak pelajari dulu nih, masih bingung hehe...... gaptek akut maklum

Farhan Hariri said...

silakan kawan....sm ane jg msh bljr...

penghuni60 said...

Tuh kan, soal kode lg ya, kemarin aku posting jg tuh soal kode, kalo yg ini kode jahat bukan mas?
mdh2n bkn deh...
tp rumit jg ya kodenya...

Farhan said...

@penghuni60 : bukan kode jahat mas...artikel memuat tentang event" yang ada di javascript..

yani said...

huhuhu...
yani juga ge belajar ginian neyh di kampus..
tx dah share..

Farhan said...

@yani:Sama,sy jg gi bljr....

nenalie said...

thx.. sangat mmbntu tgsq.. hehehe

Farhan said...

buat nena makasih dah ngunjungin blog sederhana ini....sering2 yah..hehehe

Post a Comment

Tinggalkan Komentarmu Sob.

Sedikit Tentang Aye

Cari di Blog ini

Loading...

Sobat Aye

Pesan Sobat

 
Copyright © Blognya Farhan